Powered By Blogger

Jumat, 05 Juni 2020

Dari koran majalah "De Locomotief" terbit dinsdag/Selasa tanggal 25 April 1939 tentang pengakatan R.M. Czarewitz menjadi Bupati Kendal

Dari koran majalah "De Locomotief" terbit dinsdag/Selasa tanggal 25 April 1939


                          KENDAL
R.M. CZAREWITZ TOT REGENT BENOEMD

"Naar wij vernemen, zal binnenkort de benoeming afkomen Van den heer R.M Czarewitz, wedono Van Djatilawang tot Regent Van Kendal.
Zooal men weet, heft deze benoeming lang getraineerd, aangezien men hierbij meet zeer vele factoren rekening moest houden in verband net diverse opvolgingskwesties ten aanzien Van de candidaten, die voor deze functie in aanmerking kwamen.
R.M. CZAREWITZ ia de zoon Van den oud-regent Van Koetoardjo R.M Poerboatmodjo, den laatste, die optrad als boepati Van dit regentschap, hetwelk eenige jaren galeden werd opgeheven.
R.M. CZAREWITZ stam ada van get oude regentengeslacht Van Koetoardjo, dat als een der waardligste vertegenwoordigers had zijn grootvader, den bekenden pangeran Van Koetoardjo".

Dialihkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih begini :

Kendal

R.M. CZAREWITZ (KRMT. Poerboatmodjo Adhi Soerjo) BUPATI YANG DITUNJUK

"Kami akan segera melaksanakan bahwa Tuan R.M CZAREWITZ (KRMT Poerboatmodjo Adisoerjo), Wedono dari Djatilawang Banyumas yang ditunjuk sebagai Bupati Kendal, akan diangkat segera menjadi Bupati Kendal.
Seperti yang Anda ketahui, penunjukan ini butuh waktu lama untuk diselesaikan, karena banyak faktor harus dipertimbangkan sehubungan dengan berbagai masalah suksesi terkait dengan kandidat yang memenuhi syarat untuk posisi ini.
R.M. CZAREWITZ ia adalah putra dari mantan bupati dari Koetoardjo R.M. Poerboatmodjo (nama lain dari KRAA purbohadikusumo, nama Nunggak semi dari bapaknya Pangeran Purboatmodjo), yang terakhir, yang bertindak sebagai Bupati kabupaten ini, yang dihapuskan selama beberapa tahun.
R.M. CZAREWITZ adalah Trah dari keluarga bupati lama Koetoardjo, yang sebagai salah satu perwakilan paling berharga dari kakeknya, Pangeran Van Koetoardjo yang Terkenal (Pangeran Purboatmodjo)."
______________

*Pangeran Purboatmodjo pada masanya adalah orang yang sangat dihormati dan terkenal dengan segudang prestasi dan penghargaan. Sekalipun Kabupaten Koetoardjo dihapus tapi keturunan beliau tetap dijadikan Bupati oleh pemerintah kolonial Belanda di Kabupaten Kendal*.

By. N.kumolo. adi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kutoarjo

Desa Tursino Kutoarjo di dalam kanccah perang jawa juga tercatat di Babad Kedungkebo Pupuh XXIX Dhandanggula bait syair nomor 23-56 karya Ngabehi Reksodiwiryo alias Kyai Adipati Tjokrojoyo alias R.A.A. Tjokronegoro I Bupati Pertama Purworejo

  Di Dalam Babad Kedungkebo Pupuh XXIX Dhandanggula bait syair nomor 23-56 karya Ngabehi Reksodiwiryo alias Kyai Adipati Tjokrojoyo alias R....

Kutoarjo